Laman

Rabu, 23 November 2011

SMOKING : BURN YOUR LIFE



STOP SMOKING !!!
Bahaya merokok : 1 batang rokok mengandung 15 jenis racun berbahaya, lihatlah pada gambar-gambar dibawah ini.

Beberapa diantaranya yang pernah kita dengar, yaitu :

1. Arsenik
Jenis racun berbahaya, sering dipakai kalau mau bunuh diri. Coba lihat komposisi di botol-botol racun yang ada di toko-toko obat, hampir pasti semuanya ada mengandung arsenik.

2. Kadmium
Zat beracun yang ada di dalam baterai. Ingat gak kalau baterai yang rusak atau yang terbuka kulit luarnya harus segera dibuang, itu karena zat-zat di dalam kulit terluar baterai gak boleh terkontaminasi sama kita karena berbahaya, kulit kita yang bersentuhan sekalipun apalagi kalau tertelan melalui mulut. Salah satu zat berbahaya dalam baterai itu ya Kadmium.

3. Metanol
Zat yang biasa digunakan pada bahan-bahan bakar, seperti bensin misalnya, yang tentu saja berbahaya bagi tubuh.

4. Polonium-210
Salah satu zat radioaktif, kalau pernah belajar kimia pasti tau deh gimana bahaya dan dampak besarnya sebuah zat radioaktif. Salah satu dampak zat radioaktif yang paling sering didengar yaitu saat PLT Nuklir jebol. Coba ingat lagi kejadian PLTN di Jepang yang rusak pas tsunami di Jepang awal tahun ini. Kenapa Pemerintah Jepang sampai evakuasi warganya sampai lingkungan yang berpuluh-puluh kilometer jauhnya dari PLTN?? Karena bahaya zat radioaktif yang ada sangat besar dan luas, bahkan hampir tak bisa dipastikan...

5. Nikotin
Selain membuat ketagihan seperti dalam narkoba, nikotin juga berbahaya bagi tubuh. Bayangin deh nikotin itu ada dalam penyemprot serangga seperti insektisida. 

6. Methana
Jenis gas penyumbang Gas Rumah Kaca terbesar. Gas ini jenis gas yang bertekanan tinggi, mudah terbakar dan meledak. Contoh bahaya langsungnya, seperti kejadian meledaknya tempat pembuangan akhir (TPA) Leuwi Gajah, Bandung yang mengakibatkan meninggalnya 147 warga di sekitar TPA, juga keracunan yang menyebabkan hilang nyawa seperti yang terjadi pada bayi di Sidoarjo akibat terpapar gas methane dalam waktu lama dan konsentrasi tinggi.

9 Sisanya silahkan dibaca sendiri..6 jenis racun diatas saja saya rasa sudah berbahaya sekali. Satu jenis racun yang ada di suatu makanan aja, sudah pasti saya gak mau makan makanan itu lagi apalagi sampai 6..waduh resiko buat mati semakin besar kalau begitu..

Harus diingat !! Bagi Anda yang merokok. Dari sekian banyak racun yang ada pada rokok, pastinya akan SEMUA RACUN terbawa masuk ke dalam tubuh Anda, zat-zat racun itu selanjutnya akan dibawa lebih dalam lagi sampai ke organ-organ vital yang amat rentan seperti JANTUNG, OTAK, PARU-PARU dan masih banyak lagi, karena bukan hanya racun yang akan menyebar ke seluruh tubuh  tapi komplikasi dari organ-organ yang telah rusak juga akan mempercepat kematian Anda...

Jadi ketika Anda memasukkan ujung batang rokok ke dalam mulut Anda, disaat itulah Anda mempersilahkan 15 racun itu masuk ke dalam tubuh Anda. Dampak yang terjadi?? Dampaknya tidak sesingkat itu namun signifikan seiring Anda sering dan dalam waktu lama merokok. Diam-diam perlahan namun pasti dampaknya, seperti penyakit kanker contohnya. Anda tentu tahu merokok menyebabkan sejumlah penyakit Kanker kan??

Kabar gembira buat ANDA yang telah mencoba rokok, pernah saya baca di KOMPAS, peneliti luar negeri menemukan bahwa perokok yang telah "insyaf" atau berhenti merokok total selama 30 tahun keadaannya sama seperti orang yang belum pernah merokok. Maka tidak ada kata terlambat untuk para perokok untuk memulai STOP SMOKING !! Bagi yang belum pernah mencoba, TETAP JANGAN MENCOBA ! Karena penemuan manusia (ilmuwan sekalipun) juga masih ada peluang error kan ;)

rokok-4

Artikel Terkait :
1. "Thirdhand-Smoker" : bahaya tersembunyi untuk bayi dan anak-anak, maupun kerabat lain yang dekat dengan si perokok..(klik di link bawah ini)
2. Merokok memicu resiko berganda untuk ADHD. (klik link dibawah ini
 
Help friends and relatives quit smoking, and learn how to clean third-hand smoke out of your home.

BANTU TEMAN DAN KERABAT ANDA UNTUK BERHENTI MEROKOK, PELAJARI JUGA BAGAIMANA MENGHINDARI PERAN "THIRD-HAND SMOKE" DI RUMAH DAN LINGKUNGAN ANDA.


Tidak ada komentar: