Laman

Sabtu, 03 Desember 2011

Yoga, untuk Diri dan Alam

Kalau ada yang bilang capek berolahraga, mungkin Yoga bisa jadi suatu alternatif. Gerakan-gerakan dalam Yoga tidaklah terlampau berat, khususnya buat yang jarang berolahraga. Olahraga Yoga memang fokus ke pernafasan. Bukan olahraga yang memacu jantung dan menguras keringat sampai banjir. Olahraga yang menjaga pikiran tetap di dalam tubuh dengan konsentrasi mengatur nafas. Kalau Anda masih pemula, cobalah gerakan-gerakan dasar Yoga bagi pemula. Yoga juga bagus untuk para pengidap asma loh.

Jika Anda berpikir Yoga merupakan olahraga yang cukup sulit dilakukan, Anda salah besar. Karena pada prinsipnya Yoga hanya memerlukan gerak-gerak tubuh yang, tidak seperti gerakan pada olahraga lainnya, bisa dilakukan perlahan-lahan. Kalau pada mulanya (khususnya bagi yang jarang berolahraga) Anda merasa sedikit sulit melakukan gerakan tertentu, cobalah untuk melakukannya secara teratur dan sesering mungkin. Setelahnya, Anda pasti dapat merasakan perubahan-perubahan yang ada.

Inti dari gerakan yoga, adalah "membangunkan" otot-otot yang "tertidur" karena jarang digunakan. Prinsipnya dengan memanjangkan otot, sehingga olahraga yoga banyak sekali gerakan-gerakan stretching. Memanjangkan otot ini selain berfungsi untuk membangunkan otot-otot yang tidak aktif, juga berfungsi untuk relaksasi. Kita tau bahwa ketika suatu benda elastis ditarik dengan kencang, maka ketika dikendurkan benda itu akan relaks. Begitu juga otot kita, dia butuh istirahat, butuh relaks, maka dengan stretching akan membantu otot mencapai relaksasi maksimal.

Menurut saya, satu hal yang pasti yang akan Anda dapatkan dari berolahraga ala Yoga ini yaitu tubuh Anda akan lebih luwes, organ-organ gerak tubuh Anda akan mampu bergerak lebih leluasa tanpa ada lagi rasa-rasa nyeri ataupun sakit dibanding sebelumnya. Tentunya semua itu bila Anda melakukan gerak-gerak Yoga sesering mungkin. Nilai plus yang dapat Anda rasakan juga, syaratnya Anda benar-benar melakukannya sepenuh hati, Anda akan merasakan batin Anda lebih tenang dan damai setelah melakukan gerak-gerak Yoga itu.

Seolah-olah, khususnya buat yang selama ini cuek dengan tubuhnya,  Anda dapat memahami kembali tubuh Anda, hal-hal yang sedang dialami tubuh Anda dan bermacam-macam lainnya. Lagi-lagi kuncinya cuma satu! Anda harus mencobanya, dengan begitu Anda baru bisa merasakannya, kalau Anda hanya membaca tulisan saya mungkin Anda bisa berpikir saya hanya berilusi dengan tulisan-tulisan saya. Karena hal-hal di atas, selain saya baca dari berbagai sumber, saya juga pernah mengalaminya sendiri. Bayangkan (bagi Anda yang mengenal saya) saya yang biasa-biasa ini saja mampu, kenapa Anda tidak?? Cobalah hal yang sudah pasti berpengaruh baik ini. Anda pun jadi dapat lebih memahami kondisi jiwa dan raga Anda. Tubuh, pikiran dan jiwa Anda seolah menyatu.

Nah! Itu dia salah satu tujuan dari Yoga, agar kita dapat lebih menyatu dengan jiwa kita, dimana selanjutnya kita dapat lebih menyatu dengan alam. Seperti terkait dengan sebuah artikel di Yahoo bahwa Yoga dapat menyelamatkan alam. Alhasil respon yang bernada pesimis pun berdatangan. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa hubungan Yoga dengan penyelamatan alam Bumi kita ini. Satu hal, mereka pasti bukan para pelaku Yoga sehingga mereka akan berpikir ini sesuatu hal yang sangat tidak masuk diakal. Setelah membaca artikel tersebut, saya mengerti apa kaitannya Yoga dengan penyelamatan Bumi.

Seperti "tag" Yoga, yaitu menyatu dengan alam. Bila Anda sudah melakukan Yoga, menyatu dengan alam disini mirip dengan saat kita merasa menyatu dengan pikiran, jiwa dan raga kita. Dengan menyatunya semua hal yang ada dalam diri kita, kita dapat lebih peka, tahu dan mengerti hal-hal yang ada dalam diri kita, dengan terjadinya semua proses itu, kita akan lebih menyayangi tubuh kita lebih dari sebelumnya. Perbuatan yang dilakukan akibat dari rasa sayang itu banyak jenisnya, yang pasti kita akan menjadi lebih berusaha, semuanya yang baik-baik akan dilakukan dan yang jelek akan dihindari. Begitu juga hubungan yang terjadi antara diri kita dan alam. Kita lebih dapat memahami, mengerti, dan menyayangi alam ini. Begitu kira-kira kesimpulannya. Sebagus apapun saya menggambarkannya, lebih bagus lagi Anda mencoba dan merasakannya sendiri! Anda bisa mencoba beberapa gerakan Yoga yang saya dapat dari Yahoo pada posting saya selanjutnya tentang Yoga.

Tidak ada komentar: